Tas Belanja

Review 3 Jenis Tas Belanja Ramah Lingkungan Penyelamat Bumi

Pentingnya menggunakan tas belanja ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik agar lingkungan bersih. Tentunya harus mengetahui berbagai jenis tas belanja dahulu.

Tas belanja ramah lingkungan dewasa ini sedang digaungkan penggunaannya karena maraknya program kurangi sampah plastik. Seperti kita ketahui, plastik menjadi penyumbang sampah susah diurai. Oleh sebab itu, sudah saatnya kita menguranginya dengan menggunakan tas belanja pasar yang ramah lingkungan.

Macam Tas Belanja yang Ramah Lingkungan

Saat ini, sangat mudah bagi Anda untuk memilih berbagai jenis tas belanja lipat ramah lingkungan untuk menemani belanja Anda. Berikut akan kita ulas 3 di antaranya:

1. Tas Belanja Lipat Katun

Salah satu alternatif kantong belanja yang dapat Anda pilih adalah menggunakan tas yang terbuat dari bahan katun. Umumnya tas ini berbentuk tote bag dan terlihat stylish serta mudah dilipat. Kelebihan lain dari kantong ini adalah dapat digunakan untuk membawa belanjaan yang berat.

Tas ini juga dapat dipakai berulang kali dan awet, karena bisa dipakai hingga beberapa tahun. Anda hanya harus rajin mencucinya agar tas tetap bersih. Sayangnya, kain katun yang berbahan kapas ini membutuhkan usaha besar serta proses panjang dari mengolah kapas hingga menjadi kain siap guna.

2. Tas Lipat Bioplastik

Tas belanja jenis ini pada dasarnya seperti kantung plastik biasa, hanya saja terbuat dari bahan organik seperti singkong dan jagung. Kelebihannya adalah mudah didaur ulang, dapat terurai dalam tanah dan sifatnya terbarukan. Sayangnya, membutuhkan waktu produksi yang lama dan berdampak kurang baik terhadap lingkungan dengan skala produksi yang besar.

3. Tas Belanja Kertas

Jenis yang satu ini umumnya digunakan untuk membawa produk yang ringan. Cukup stylish jika digunakan, hanya saja masa pakainya relatif singkat karena mudah rusak atau robek.

Kekurangannya proses produksinya lama dan membawa dampak besar pada lingkungan. Hal ini dikarenakan produksi tas ini membutuhkan banyak energi dan air. Selain itu, proses produksinya juga mengeluarkan emisi gas rumah kaca yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Dengan niat dan keinginan kita untuk berpartisipasi dalam mengurangi limbah plastik, mari kita jaga bijak memilih alternatif penggantinya. Diharapkan dengan menggunakan tas belanja ramah lingkungan kita bisa mewujudkan bumi yang bersih demi anak cucu kita nanti.